Mengatasi Kopling Mobil Selip dan Penyebabnya

Tips Mobil - Apa saja penyebab Kopling mobil selip? Di jaman sekarang ini perkembangan teknologi semakin pesat. Seiring berjalannya waktu dalam dunia otomotif juga semakin berkembang. Pada dunia otomotif ini, tak jarang kita melihat berbagai macam bentuk motor atau mobil yang canggih. Motor dan mobil sekarang ini banyak yang sudah berganti yang awalnya manual menjadi matic. Melihat hal ini penggunaan motor atau mobil yang matic ini cukup banyak kita temui. Akan tetapi pengguna motor manual juga masih banyak tetapi tidak sebanyak penggunaan matic. Banyak juga pengguna motor manual atau kopling ini beralih menjadi pengguna motor matic. hal ini dikarenakan banyak pengguna motor kopling manual ini mengeluhkan masalah mengenai seringnya mengalami selip kopling. Kopling bertugas menjadi pemisah dan penyambung antara mesin dan transmisi yang bekerja saat pemindahan gigi. Ketika kopling selip tentunya motor akan kehilangan genjotan atau hentakan saat berakselerasi.

Penyebab Kopling Mobil Selip ada beberapa faktor yang menyebabkan hal ini terjadi. Hal ini tentunya mengganggu dan menghambat perjalanan kita. lalu bagaimana sih caranya mengatasi atau memperbaiki ketika kita mengalami kopling selip? Dan apasih penyebab kopling selip tersebut? Berikut informasi mengenai penyebab kopling selip dan cara memperbaikinya.

Penyebab Kopling Selip dan Cara Memperbaikinya

cara Mengatasi Kopling Mobil Selip

Ada beberapa penyebab yang umum dari munculnya kopling yang selip. Berikut penyebab Kopling selip dan sekaligus cara memperbaiki Kopling Mobil Selip :


1. Baut Pada pegas kopling Kendor atau Aus

Salah satu penyebab paling ringan munculnya Kopling sering selip adalah baut yang kendor. Mengapa kendor sendiri. Adanya getaran mesin menyebabkan baut yang tidak dikencangkan sesuai dengan torsinya akan menyebabkan kendor. Atau bisa juga ring pada baut sudah hilang. Idelanya baut pada Pegas Kopling memiliki ring pada bautnya.

Selain baut kendor, bisa juga ulir baut sudah aus. Ini akibat dari kebalikannya yang tadi, yaitu jiak dikencangkan terlalu kencang atau melebihi torsi yang dibutuhkan memungkinkan baut ulirnya akan aus. Jika hal ini terjadi maka harus ganti baut baru, namun jika yang rusak adalah ulir pada as maka harus ganti as atau pegasnya.


2.  Jarak Injak Kopling terlalu pendek atau Rapat

Ini biasanya dialami bagi yang belum berpengalaman memiliki mobil, biasanya kopling terlalu pendek penyebabkan koplings ering selip karena sebenarnya kopling belum sepenuhnya terinjak. Solusinya, atur ulang jarak kedalaman kopling sesuai dengan jarak bebas yang sesuai. Lihat pada buku pedoman perawatan mobil anda untuk ukuran lengkapnya.


3. Kampas Kopling Aus
Ini adalah penyebab umum dan biasanya hal ini juga masalah yang sering ditebak oleh bengkel. Meskipun apaling sering dan wajar terjadi, jangan sampai jika anda mengalami Kopling Selip langsung menebak Kopling sudah aus. Pastikan dulu melakukan pengecekan untuk memastikan bahwa penyebab Kopling selip benar-benar karena kampas sudah perlu diganti. Solusinya tentunya harus ganti kapas baru.

4. Plat Aus
PAda Koplingterdapat plat yang berfungsi sebagai bantalan kopling. Jika plat kopling tersebut aus atau sudah halus maka akan menyebabkan kopling selip. Solusinya adalah mengganti pelat baru, atau membuat plat lama menjadi kasar dengan cara diamplas agar kopling tidak selip lagi.


5. Pegas Mulai Lemah

Pegas memiliki kekuatan yang ada batasnya Untuk mobil keluaran 5 tahun atau lebih memang penyakit yang sering terjadi adalah pegasnya sudah tidak kembali ketika bekerja. Artinya kinerja Pegas sudah berkurang. Hal ini perlu diganti, tetapi jika memang belum menginginkan diganti atau menunggu budget, bisa menggunakan ganjalan dahulu sementar. ganjal bagian atas pegas agar tingginya setara dengan sebelumnya atau seperti saat pegas normal.


6. Oli Pelumas Kopling Perlu diganti
Meski dianjurkan penggantian Oli di bagian Kopling unit itu penggantiannya beberapa tahun, namun tidak menutup kemungkinan oli perlu diganti sebelum waktunya. Biasanya hal ini terjadi akibat adanya kebocoran atau kotoran kerak yang menempel pada oli seinggia menyebabkan life time oli lebih cepat. Segera ganti Oli pelumas Kopling unit dengan Oli yang baru sesuai dengan SAE yang dibutuhkan.

Selain kopling selip, jika anda juga mengalami masalah pada kaki-kaki mobil yang berbunyi berisik atau gluduk-gludug, anda bisa membaca penyebab dan solusinya di Cara Mengatasi Kaki-kaki Mobil Bunyi Gluduk-gluduk


Demikian beberapa penyebab kopling selip dan cara mengatasi Kopling mobil selip. Semoga tulisan ini bisa memberi manfaat untuk anda yang mengalami masalah seputar Kopling khususnya bagi yang mengalami kopling selip. Salam.
DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain https://zadiexa.blogspot.com/. Terima kasih.
Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

Postingan lainnya

Komentar

Posting Komentar