Aman, Cara Menambal Tangki BBM Mobil Yang Bocor

Tips Otomotif - Bagaimana cara menambal Tangki Mobil yang Bocor? Memangnya tangki mobil bisa bocor? Sebuah bagian mobil tentunya memiliki tingkat umur berbeda, itu lah kenapa adanya penggantian spare part dan juga pengecekan berkala untuk menghindari kerusakan pada kondisi yang tidak diinginkan. Seperti hallnya tangki mobil. Dengan berbahan plat, tangki mobil bisa memunginkan untuk bocor pada usia tertentu atau akibat terkena benda tajam, misalnya ketika melewati jalan berlubang atau berbatu.

Menambal Tangki Mobil Yang Bocor mungkin kita berfikir tidak bisa dan harus diganti satu bagian tangki. Ternyata menambal tangki BBM itu mudah dan bisa kita lakukan sendiri tanpa harus ke bengkel jika kita mengetahui caranya. Bila mobil dalam asuransi mungkin kita tidak perlu bingung karena bsia kita lakukan klaim garansi, namun jika tidak ada garansi, bakal terbayang jika mengganti tangki mobil yang baru. Atau alternatifnya kita ke bengkel las dan mengelasnya. Lalu apakah aman? Nah, untuk itu kita akan berbagi supaya menambal tangki mobil aman.

Cara Menambal Tangki Mobil Yang Bocor

Cara Menambal Tangki Mobil Yang Bocor

Ada beberapa poin yang harus diperhatikan untuk melakukan pengelesan tangki mobil yang bocor, antara lain :
  • Pastikan mobil terparkir pada tempat yang aman dan jauh dari potensi api
  • Persiapkan air dan lap basah
  • Persiapkan pula kunci-kunci yang diperlukan
Setelah menyiapkan alat, mulai melakukan penambalan tangki mobil, dengan cara :
  1. Lepas selang fuel pengisian yang masuk ke pengisian dengan membuka baut pada clamping agar clamping kendor, kemudian tarik selang.
  2. Selanjutnya lepas baut yang mengikat bibir tangki dilanjutkan dengan melepas baut yang memegangi tangki. Lepas semua baut hingga tangki terlepas.
  3. Kemudian lepas soket yang ada di atas tangki
  4. Jika dirasa tangki berat, ada baiknya gunakan dongkrak pada bagian bawahnya untuk menumpu tangki saat terlepas. 
  5. Jangan lupa lepas juga selang saluran bahan bakar yang menuju ke mesin dan semua selang-selang hingga tangki terlepas dari body mobil. Jangan lupa untuk memfoto posisinya agar mudah mengingat lokasi-lokasi selang ketika nanti memasangnya kembali.
  6. Tuang sisa bensin yang tersisa pada wadah. Jangan lupa menggunakan saringan untuk menuangkannya.
  7. Setelah itu cuci tangki dengan menggunakan solar dan diamkan solar beberapa saat didalamnya untuk menghilangkan kadar bensin.
  8. Selanjutnya bersihkan solar dan cuci ulang tangki menggunakan detergen. Untuk lebih aman, cuci menggunakan detergen sebanyak empat kali.
  9. Jika ada, lakukan peng-embun-an dengan uap knalpot solar, caranya hubungkan lubang pelampung tangki dengan buangan knalpot mesin diesel yang sedang menyala agar asapnya masuk ke dalam tangki sampai tangki terasa panas.
  10. Kemudian barulah lakukan pengelasan. Sebelumnya cobalah untuk mengetes dengan menyalakan las di atas lubang tangki untuk memastikan kadar bensin sudah benar-benar hilang. 
  11. Nah, jika tangki pernah atau ada bekas penambalan, ada baiknya tambalan sebelumnya dipahat agar ada udara keluar sekaligus nantinya memperbaiki bekas tambalan sebelumnya. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi jika ada bensin yang masuk pada bekas tambalan sebelumnya.
  12. Setelah dirasa aman, barulah lakukan pengelasan untuk menambal tangki mobil.


 

Mungkin memang sedikit beresiko dalam melakukan pekerjaan penambalan tangki mobil, tetapi jika kita mengetahui caranya dan sudah mengantisipasi sebelumnya, kemungkinan tidak akan terjadi hal yang beresiko tinggi. Jika anda melakukan pengelasan pada tukang las yang sudah berpengalaman mengelas tangki, akan lebih baik lagi. Sehingga bisa mengetahui kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi.

Demikian cara menambal tangki mobil agar aman yang bisa kami bagikan. Perhatikan keselamatan dalam melakukan aktivitas apapun. Semoga dengan cara di atas kita tidak perlu khawatir melakukan penambalan tangki BBM Bocor baik menambal sendiri maupun menambal pada bengkel. Salam.

DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain https://zadiexa.blogspot.com/. Terima kasih.
Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

Postingan lainnya

Komentar

Posting Komentar