Penyebab dan Mengatasi Motor Injeksi Mogok Mati Mendadak

Tips Otomotif - Bagaimana mengatasi Motor Injeksi Mati Mendadak? Semakin berkembangnya jaman ini selalu diiringi dengan berkembangnya teknologi. Perkembangan teknologi ini juga berujung pada perkembangan otomotif. Tak jarang sekarang ini kita banyak melihat keluaran kendaraan bermotor yang semakin canggih, salah satunya yaitu pada sepeda motor. Sepeda motor dahulunya dengan teknik manual atau kopling, akan tetapi sekarang berkembang menjadi matic. Selain itu juga sistem pembakaran yang dulunya hanya karburator kini menjadi sistem injeksi. Motor dengan sistem injeksi ini penggunaannya cukup mudah dan banyak juga keunggulan pada motor injeksi ini. Keunggulan motor injeksi atau matic ini yaitu ekonomis bahan bakar, ramah lingkungan lantaran sistem kerja mesin injeksi yang terdapat dalam mesin motor tersebut lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar.

Penyebab Motor Injeksi Mogok karena memang merupakan teknologi yang tergolong baru membuat kita sulit dalam menganalisa penyebab, terlebih untuk memperbaikinya. Injeksi adalah sebuah metode pencampuran udara dengan bahan bakar dalam kendaraan bermotor supaya menghasilkan pembakaran sempurna. Sistem injeksi memerlukan perangkat yang bernama injektor. Injektor ini yang tugasnya menyuplai campuran udara dengan bahan bakar. Meski dengan berbagai keunggulan terdapat pada motor injeksi, tetapi masalah kerusakan juga tak bisa dihindari atau dipungkiri pada motor injeksi ini walaupun memiliki segudang keunggulan seperti pembakaran sempurna, lebih irit, dan mudah service namun tentu tak lupt dari permasalahan.

Bila anda mengalami Motor injeksi yang mogok tiba-tiba, bisa anda cari tahu dahulu penyebabnya sebelum menguliknay terlalu jauh karena kebanyakan hanya masalah yang sepel yang terjadi sehingga menyebabkan mendadak mati. Lalu bagaimana cara untuk memperbaiki motor injeksi yang mogok dan mati mendadak dan apa saja penyebabnya. Untuk lebih jelasnya berikut beberapa penyebab dan cara mengatasi Motor Injeksi Mogok

 Penyebab dan Cara Memperbaiki Motor Injeksi Mogok Mati Mendadak



 Ada bebeberapa hal yang menyebabkan terjadinya mogok di motor injeksi baik matic maupun manual, diantaranya :


1.  Motor Injeksi Mati Mendadak akibat Aki Lemah
Salah satu ketergantungan dari sistem injeksi adalah baterai atau aki pada motor. Jadi jika aki bermasalah maka kinerja injeksi pun akan bermasalah. Periksa tegangan aki untuk memastikan bahwa voltage yang dihasilkan aki stabil dan tidak lemah. Jika aki sudah lemah ada baiknya segera ganti atau lakukan pengisian daya kembali pada aki.

2. Pompa Bensin Bermasalah
Hal yang paling sering terjadi baik motor karburator ataupun injeksi biasanya pada fuel pump (pompa bensin) yang tidak bekerja dengan baik. Untuk memastikan kinerja fuel pump, nyalakan kontak mesin dan dengarkan suara pada bagian bawah tangki, jika terdengar suara lirih dinamo bekerja berarti masih aktif, namun jika tidak terdengar suara apapun maka pompa bensin tidak bekerja,

3. Filter Injektor Tersumbat
Pada bagian fuel injection terdapat filter penyaring udara. Jika filter kotor dan mengalami penyumbatan maka udara yang masuk tidak stabil atau berkurang sehingga menyebabkan motor mudah mogok atau mati mendadak. Untuk itu lakukan pengecekan pada filter, jika kotor bersihkan atau ganti dengan yang baru agar tidak mengganggu masuknya udara ke injeksi.

4. Injektor Kotor
Jika filter injektor bisa kotor, maka selang injektornya pun dapat kotor. Besihkan dengan cara menyemprotkan injektor cleaner dan guyang-goyang agar kotoran bisa keluar. Setelah dirasa bersih, kemudian pasang kembali seperti semula.

Demikianlah informasi mengenai cara memperbaiki motor injeksi mogok dan mati mendadak yang bisa anda lakukan. Perawatan secara berkala pada motor anda dapat mencegah terjadi kerusakan atau mogok tiba-tiba. Semoga tulisan ini bisa memberi manfaat bagi yang mengalami masalah dengan motor injeksi yang anda miliki. Salam Otomotif.

DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain https://zadiexa.blogspot.com/. Terima kasih.
Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

Postingan lainnya

Komentar

Posting Komentar