Penyebab dan Mengatasi Kaki-kaki Mobil Bunyi Gluduk-gluduk

Tips Mobil - Apa penyebab bunyi gluduk-gluduk dari kaki-kaki mobil? Lalu bagaimana mengatasi bunyi gluduk-gluduk tersebut? Bagi anda yang mempunyai kendaraan berkaki empat dengan pengendali utamanya mesin pasti pernah merasakan bunyi-bunyi yang bermacam-macam dari mobil pribadi kalian. Biasanya di mobil terdengar suara gluduk-gluduk pada area bawah mobil, itu terjadi saat kalian melintasi jalan yang tidak rata, peyebabnya sendiri memang mobil yang mengalami bunyi gluduk-gludukmeski hal ini tidak mengganggu performa stir dan kaki-kaki.

Bunyi gluduk-gluduk di bagian kaki mobil memiliki banyak faktor dan penyebabnya. Hal ini juga berpengaruh pada bagaimana ktia mengatasinya. Komponen kaki-kaki mobil memiliki beragam fungsi, selain fungsi pengendalian dan kestabilan, juga berpengaruh pada kenyamanan dalam berkendara. Tetapi jalngan lupa bahwa umur di masing-masing komponen kaki-kaki mobil tidak bisa diprediksi. Hal ini memiliki pengaruh dengan medan jalanan yang sering dilalui. Bila muncul bunyi-bunyi aneh pada bagian kaki atau setir terutama bila melewati jalan berlubang, sebaiknya periksa kondisi mobil Anda. Berikut beberapa penyebab bunyi gluduk-gluduk di bawah mobil dan cara menmperbaikinya

Penyebab dan Mengatasi Kaki-kaki Mobil Bunyi Gluduk-gluduk


Karet Support Suspensi/Shock Absorber Rusak
Salah satu penyebab utama dari bunyi yang terdengar berisik diakibatkan oleh bantalan karet pada bagian suspensi roda yang sudah rusak dan perlu diganti.
Mengatasi Kaki-kaki Mobil Bunyi Gluduk-gluduk

Karet Support untuk suspensi ini ada baiknya diganti keempatnya agar umur pakai dari karet tersebut bisa sama. Tetapi jika yang lain kondisinya masih benar-benar bagus, bisa diganti yang rusak saja.

Shock Absorber Mati/Bocor
Kebocoran yang terjadi pada Shock Absorber juga dapat menyebabkan suara berisik pada kaki-kaki mobil. Jika mobil dirasakan suspensi keras, bantingannya kasar dan ada semacam bunyi ‘gludug’ saat di lubang atau jalanan yang bergelombang kemungkinan besar shockbreaker yang sudah lemah, atau biasa kita sebut shock mati.

Baut Suspensi Kendor
Munculnya bunyi gluduk-gluduk juga bisa diakibatkan oleh baut yang tidak kencang di bagian suspensi sehingga menyebabkan bunyi sberisik ketika melewati jalan tidak rata karena suspensi saat bekerja menimbulkan getaran dan menyebabkan sura gluduk-gluduk.

Spring/Rack End Tidak berfungsi
Salahs atu akibat munculnya bunyi yang paling parah adalah rack End sudah tidak berfungsi Rack end. Rack end yang berguna untuk memberikan kestabilan laju mobil jika mengalami gangguan maka laju akan tidak seimbang sehingga beban pada suspensi berbeda dan menyebabkan suara. Jika terjadi kerusakan, biasanya akan timbul bunyi aneh saat mobil melaju dan melewati jalan yang kurang bagus. Selain bunyi gluduk-hluduk, jika rack end sudah rusak, dapat menyebabkan bunyi yang lebih ekstrim seperti bunyi kletek-kletek. Hal ini jika tidak segera diperbaiki maka biasanya akan merembet pada kerusakan karet akibat beban yang tidak seimbang.


Steering Shaft Aus
Jika pada Steering Shaft yang berada di dalam rack steer mengalami keausan akan menyebabkan bunyi gluduk-gluduk akibat hentakan

Selain kaki mobil, yang seringmengalami bunyi berisik adalah bagian rem. Bila anda mengalami Rem yang berisik, ada baiknya cari penyebabnya. Lihat di Penyebab dan Cara Mengatasi Rem Mobil Berisik

Demikian beberapa analisa penyebab kaki mobil bunyi gludug-gluduk pada ban mobil. Pada dasarnya bunyi tersebut berasal dari area suspensi sehingga ketidaknormalannya akibat ada yang tidak beres pada bagian suspensi seperti beberapa penyebab diatas yang masih dalam area suspensi. Salam. 
DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain https://zadiexa.blogspot.com/. Terima kasih.
Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

Postingan lainnya

Komentar

Posting Komentar