Cara Mudah Menghilangkan Goresan(Lecet/Baret) Pada Mobil

Tips Otomotif – Bagaimana cara menghilangkan goresan di mobil? Tentu sangat disayangkan bila mobil tergores atau lecetakibat sesuatu yang tanpa sengaja terkena, baik debu kerikil atau pasir, atau juga akibat baret karne terbentur sesuatu yang tajam. Cat Mobil yang tergores ternyata masih bisa dihilangkan sendiri dengan mudah. tentunya hasilnya juga bergantungpada tingkat parah tidaknya lecet tersebut.

Cara menghilangkan lecet pada mobil setiap orang memilki tips dan trik masing-masing. Ada yang menggunakan kompon, atau dengan menggosok menggunakan cairan kilap untuk menyamarkan goresan. Tetapi kali ini kita coba untuk memberikan cara menghilangkan lecet pada mobil sesuai dengan tingkat goresan, Berikut langkah menghilangkan baret atau goresan pada mobil.

Cara Menghilangkan Lecet di Mobil

Cara Menghilangkan Lecet di Mobil

Berikut langkah dan Cara Menghilangkan Goresan di Mobil yang bisa dilakukan sendiri :
  1. Siapkan beberapa peralatan seperti air, sabun, serta lap kain. 
  2. Jangan lupa juga siapkan cairan scratch remover dan kain micro fiber.
  3. Langkah pertama, cuci mobil seperti biasa hingga bersih dulu, teliti apa sabun telah dibilas merata, kemudian tunggu sampai air di bodi mobil mengering.
  4. Jika mobil sudah benar-benar bersih dan kering, oleskanlah cairan scratch remover pada area yang lecet dan ratakan dengan jari. 
  5. Sesudah cairan dioles rata serta menutupi seluruh goresan, pakai kain micro-fiber untuk menggosokknya. 
  6. Lakukan penekanan saat menggosokan cairan scratch remover di bagian bodi mobil yang ada goresan.
  7. Selanjutnya, ulangi hal diatas hingga goresan tak terlihat atau menjadi samar.
  8. hasil yang diperoleh akan sangat bergantung pada tingkat kedalaman goresan dan kesabaran anda dalam memoles atau menggosoknya.
Menghilangkan atau lecet baik pada body mobil atau hanya menggores cat mobil perlu kita bagi menjadi 3 kategori dulu, yaitu goresan ringan, sedang, dan berat. Beda tingkat kedalaman goresan beda pula cara menanganinya. Berikut cara menghilangkan goresan di mobil :

  • Goresan ringan, yaitu goresan baret atau lecet yang tidak sampai melukai susunan cat, seperti terkena kuku atau kerikil pasir yang kasar. Cara menghilangkan goresan di bodi mobil jenis ini anda bisa dengan menggunakan produk pemoles (wax, kompon, swril remover, maupun stratch remover) yang dioleskan atau disemprotkan pada kain atau lap lembut kemudian gosokkan memutar pada area yang tergores. Selanjutnya, anda bisa menyempurnakannya dengan cairan polish agar permukaan cat mobil mengkilap.
  • Goresan sedang, yaitu goresan yang hingga mengenai atau merusak cat dasar, seperti terkena benda tajam atau tergores kawat. Cara menghilangkan lecet pada cat mobil jenis ini perlu beberapa tahap. Pertama bersihkan dahulu permukaan yang tergores menggunakan grease remover dan wax. Setelah itu lakukan cat ulang secara tipis pada bagian yang tergores agar menutup kembali.
  • Goresan Berat dan Dalam, yaitu goresan yang hingga menembus lapisan cat dasar dan sampai terlihat logam bodi mobil. Cara menghilangkan lecet jenis ini di mobil adalah dengan mengamplasnya dan kemudian berikan dempul. Setelah itu ratakan agar bentuknya sesuai seperti semula. Setelah itu semprotkan cat mobil yang sudah dicampur dengan thinner berkualitas. Untuk lebih mudahnya tentu alangkah baiknya untuk segera mendatangi bengkel cat mobil terdekat di daerah Anda. 

Demikian tentang Cara Menghilangkan Goresan Pada Mobil yang bisa dilakukan bila mobil lecet atau baret dan ingin dihilangkan sendiri tanpa perlu ke bengkel. Namun perlu diingat, untuk jenis goresan sedang dan goresan dalam perlu tindakan khusus.Salam.
DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain https://zadiexa.blogspot.com/. Terima kasih.
Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

Postingan lainnya

Komentar

Posting Komentar