Cara Memperbaiki Rice Cooker/Magic Com dan Masalah yang Sering Terjadi

Tips Elektronik- Bagaimana cara memperbaiki Magic Com atau Rice Cooker yang Rusak? Magic Com dan Rice Cooker saat ini memang merupakan salah satu peralatan rumah tangga yang sangat penting karena saat ini memang sudah sangat jarang orang menanak nasi lewat memasak di kompor atau tungku sehingga alat rumah tangga yang satu ini tentu dimiliki hampir seluruh rumah. Ada beberapa jenis dari magic jar itu, seperti rice cooker yang hanya dapat melakukan proses pengolahan, dan majig com / magic jar itu sendiri yang mampu mengolah sekaligus menghangatkan. Sehingga perlu diketahui masalah yang terjadi pada rice cooker dan bagaimana cara memperbaiki rice cooker agar ketika terjadi masalah dapat menganalisa dan memperbaikinya. Setelah sebelumnya kita membahas mengenai memperbaiki kompor gas, dan juga memperbaiki mesin cuci, kali ini kita akan coba mengulas mengenai memperbaiki rice cooker atau Magic Com.

Memperbaiki Rice Cooker sebenarnya mudah jika kita menganalisa penyebab dan kemungkinan yang terjadi. Berikut beberapa masalah yang sering terjadi pada magic com atau rice coocker :

Cara Memperbaiki Rice Cooker atau Magic Com

Memperbaiki Rice Cooker Magic Com


1. Nasi Basi di Magic Com

Jika magic com atau rice cooker anda menyebabkan nasi jadi basi padahal belum lama atau belums ampai 24 jam, ada bkemungkinan akibat termistor rusak. Termistor merupakan pemanans atau heater yang berfungsi jika dalam keadaan warming, semakin tinggi suhunya akan semakin besar tahanan atau hambatannya. Semakin besar hambatannya maka tegangan yang masuk semakin sedikit sehingga akan mengurangi daya panas yang dihasilkan heater supaya tetap stabil pada 70 – 800C.

Cara memperbaiki :
  • Langkah pertama, lihat pada bagian tutup magic com/magic jar biasanya ada kabel yang terputus pada bagian elemen, jika ada coba disambung kemudian cek dengan cara menyalakan magic com / magic jar jika bagian tutup terasa hangat maka normal jika tidak panas maka kemungkinan elemen pada bagian tutup rusak maka segera diganti
2. Mejikom atau Rice Cooker Tidak Panas

Jika Rice Cooker atau Magic Com tidak panas atau hangat, cek kabel yang menyambung pada stop kontak atau kabel power dengan menggunakan multi tester (ohm). Bila tiap ujung kabel tersambung maka kabel normal, jika tidak silahkan ganti dengan yang baru.

    Kemungkinan lain penyebab dari magic com tidak panas adalah Thermal Fuse atau sekering yang putus. Lakukan pengecekan dengan multi tester (ohm) jika jarum bergerak berarti normal jika tidak maka harus diganti fuse atau sekeringnya.

    otomatis/thermo couple
    Langkah selanjutnya jika Fuse ternyata masih berfungsi, kemungkinan adalah automatic-nya atau otomatis thermo couple nya yang bergeser sehingga tidak menempel. 

    Selanjutnya cek juga elemen yang menempel pada badan rice cooker, bisa kemungkinan salah satu kabel yang terdapat dalam elemen ada yang putus, lakukan pengecekan dengan multi tester seperti sebelumnya..


    3. Magic Com atau Rice Cooker Mati

    Penyebab dari Rice Cooker rusak atau mati bisa akibat dari kabel input putus atau terbakarnya thermal fuse. Thermal fuse memiliki fungsi sebagai pemutus arus jika panas yang berlebihan, jika panas sudah sesuai dengan setingan, maka thermal fuse berfungsi mematikan thermostat agar suhu tetap.


    4. Nasi tidak Matang di Rice Cooker

    Ada beberapa penyebab mengapa nasi tidak matang alias rice cooker tidak bisa untuk menanak nasi. Kemungkinan thermostat lepas atau bergeser dari tempatnya. Buka bagian dalam thermostat kemungkinan bagian magnet di dalamnya kotor atau terdapat kerak. Bersihkan dengan menggunakan amplas halus.





    5. Lampu Indikator Mati

    Lampu indikator menanak (Cooking) atau Menghangatkan (warming) mati biasanya hanya karena resistor atau lampu led terbakar akibat terlalu panas. Solusinya ganti Resistor atau Lampu Led baru.
     
    Demikian pembahasan mengenai cara memperbaiki Rice Cooker Mati. Semoga bermanfaat untuk anda. Salam
    DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain https://zadiexa.blogspot.com/. Terima kasih.
    Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

    Postingan lainnya

    Komentar

    Posting Komentar