Masalah yang Sering Terjadi di Kompor Gas dan Mengatasinya

Tips Rumah Tangga - Apakah anda salah satu yang mengalami kompor gas rusak? Bagaimana cara memperbaiki kompor gas yang rusak? dewasa ini kompor gas merupakan hal yang lumrah, berbeda dengan beberapa tahun silam yang masih banyak lazim dengan kompor minya. Maka dari itu kerusakan pada kompor gas perlu kita tahu agar jika suatu ketika terjadi kerusakan kompor yang kita gunakan kita tak lagi kebingungan.

Memperbaiki Kompor gas baik 2 tungku atau satu tungku tidak boleh asal. Kita harus mengetahui dahulu penyebab dan letak kerusakannya agar tepat dalam memperbaiki. Beberapa masalah yang terjadi pada kompor gas memang beragam, namun tak jarang yang mengalami hal yang sama. Nah berikut beberapa rangkuman beberapa masalah kerusakan pada kompor gas yang sering terjadi dan solusi bagaimana memperbaiki kompor gas yang rusak. Ada beberapa yang sering terjadi misalnya knop macet, gas warna merah, gas tidak besar, atau api kecil, bahkan hingga yang sulit menyala,

Cara Memperbaiki Kompor Gas

Cara memperbaiki Kompor Gas

Memperbaiki kompor gas tidak keluar bunga api

Kompor gas tak keluar bunga apinya saat kita hidupkan di karenakan beberapa hal ,di antaranya yang paling sering adalah:

1. Lepasnya kabel pemantik. beberapa produsen  kompor gas menempatkan kabel ini hanya menmpel saja dalam arti di buatkan tempat lalu kabel tersebut di masukkan ketempat tersebut ,dampaknya saat kompor gas di pindah atau di geser terkadang lepas .
      Solusinya, masukkan kembali kabel pematik pada tempatnya

2. kotornya ujung pematik. Si fat pematik ini sama seperti busi jadi saat ujung pematiknya kotor maka  bunga api pun tak keluar.
     Solusinya, amplas ujungnya

3. terjadinya aus pada pematik. Hal ini mengakibatkan pematik tak mampu mengeluarkan bunga api .
     Solusinya ganti, harga pematik kompor gas  di pasaran  yang biasa berkisar  RP 15 000 sampai 20 000.


Memperbaiki kompor gas tidak mau menyala api/ Susah Nyala

Untuk memeriksa kompor gas yang tak mau nyala perlu di butuhkan analisa untuk mencari penyebabnya,ikuti langkah di bawah ini untuk menemukan kerusakan kompor gas yang tak mau hidup.

1. periksa apakah pematik muncul bunga api, jika tidak keluar ikuti langkah pertama untuk menyelesaikanya

2. jika pematik mengeluarkan bunga api periksa jarak celah antara ujung pematik dan jalur gas ,biasanya berubahnya celah antara pematik dan jalur gas mengakibatkan tak terjadinya pembakaran
        Solusinya, pepetkan antara pematik kompor gas dan jalur gasnya.

3.  Periksa apakah gas keluar dari selangnya jika tidak maka lakukan pemeriksaan,mulai dari seal tabung gasnya ,coba ganti sil tabung gasnya terdahulu, jika setelah pergantian gas keluar berarti penyebabnya seal menutup lubang jalur gasnya.

4. Jika hal diatas dilakukan tetap tidak mau menyala ,periksa regulator pada tungkunya karena terkadang ada kotoran yang menyumbat sehingga gas tak mau keluar. Untuk cara membukanya ikuti langkahnya sebagai berikut

Cara membuka Regulator Tungku Kompor Gas

1. buka pengunci regulator kompor gas dengan drei men / pisau
2. buka tutup pengungkit regulator kompor gasnya
3. setelah terbuka buka karet hitam di bawah ini lalu bersihkan lubangnya dan jika cara tersebut masih juga tak menyelesaikan masalah maka solusinya adalah ganti regulator kompor gasnya.

Mengatasi tabung gas bocor saat dimasuki regulator

Sebagai pengguna kompor gas anda pasti sering mengalami saat tabung gas di masuki regulator terdengar bunyi ssssssssss dan bau gas menyengat keluar, hal ini lebih sering di karenakan seal karet pada tabung gas bermasalah solusinya ganti sealnya.

Agar kita punya cadangan seal, maka setiap anda membeli gas dengan menukar tabungnya, jangan lupa seal yang ada di tabung gas lama diambil dan disimpian agar kita punya cadangan seal.
 

Memperbaiki kompor gas Api tak bisa biru

Kompor gas tak bisa biru lebih di karenakan burner kotor terutama pada lubangnya mungkin ada sumbatan dan lainya.

Solusinya bersihkan dengan air atau sabun pembersih lemak .anda juga bisa menggunakan air lemon untuk membersihkanya ,sikat dengan baik terutama lubang burner kompor gasnya ,maka kompor anda menjadi biru kembali

Demikian beberapa cara memperbaiki kompor gas dan beberapa masalah yang terjadi pada kompor gas agar anda tidak perlu repot ke service kompor gas hanya karena masalah sepele. Salam.


DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain https://zadiexa.blogspot.com/. Terima kasih.
Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

Postingan lainnya

Komentar

Posting Komentar