Mengatasi Suara Mesin Berisik di Satria FU 150

Tips Otomotif - Bagaimana cara Mengatasi Suara Mesin Berisik di Satria FU 150? Tentu saja setiap kendaraan pasti memiliki keluhan masing-masing. Setelah sebelumnya kita membahas harga terbaru Satria FU 150 dan Merawat Satria FU, kali ini kita coba memberikan solusi permasalahan yang timbul. Masalah Satria FU suara mesin berisik merupakan salah satu masalah yang akan kita angkat. Satria FU mengusung mesin 150 cc 4 langkah 4 katup DOHC(double overhead cam),transmisi 6 speed serta dilengkapi system pendingin SACS(suzuki advance cooling system) system pendingin ini memanfaatkan sirkulasi oli sebagai system pendingin pada bagian mesin yang cepet panas(kepala silinder dan buring). Dengan berbagai pilihan tipe, Satria FU 150 memiliki banyak varian, diantaranya, Suzuki Satria Fu Black Fire, Suzuki Satria Fu Facelift, Suzuki Satria Fu Fighter, Suzuki Satria Fu Black Predator, dll.

Bunyi tik-tik pada Satria FU misalnya, kadang membuat kita bingung meski hal ini sebenarnya wajar. Namun beberapa pengendara Motor Satria FU mengeluh  tentang suara-suara berisik yang berasal dari area kepala silinder. Kondisi ini terjadi biasanya yang sering terjadi adalah rantai mesin yang sudah kendor dan harus segera diganti. Ada juga munculnya suara-suara berisik itu bukan berasal dari rantai mesin tetapi dari setelan klep (shim klep) yang mulai aus atau merengang.kita tahu bahwa setelan klep yang dianjurkan pada motor ini (setelan klep bawaan pabrik) untuk klep in/klep masuk antara 0,10-0,20 mm dan untuk klep ex/klep buang 0,20-0,30mm. Bila setelan klep sudah tidak sesuai standard atau melebihi ukuran, biasanya klep akan menimbulkan bunyi berisik(tik tik tik)dan jika itu didiamkan dan dibiarkan berlarut-larut resikonya bisa fatal bisa menyebabkan batang (arm) klep ikut aus.

Satu lagi catatan yang perlu diingat, Satria fu pada bagian Noken As belum mengunakan bantalan noken berupa bearings, hanya mengandalkan speare/celah yang ada di antara tutup noken dan kepala silinder. Hal ini bisa menyebakan celah tersebut akan membesar akibat gesekan yang terus menerus terjadi saat mesin bekerja/dihidupkan.

Cara Mengatasi Suara Mesin Berisik di Satria FU 150


Cara Mengatasi Suara Mesin Berisik di Satria FU 150
Nah langsung saja, untuk mengatasi suara mesin berisik di Satria FU. Nah hal pertama adalah pastikan noken as masih standar, artinya posisi masih kencang, tidak goyang. Jika goyang, jangan buru-buru beli silinder baru, masih bisa kita atasi. Berikut cara menyetel Noken As :

Cara Menyetel Noken As Satria FU


1. Pertama, bongkar mesin motor dan lepaskan kepala silinder dari bagian mesin
2. Sebelumnya siapkan part untuk diganti, yaitu 4 buah bearingnya
3. Kemudian kita perlu membubut, bisa bawa ke bengkel bubut dan bawa kepala silinder juga bearingnya. Jelaskan pada tukang bubutnya untuk memasang bearing kedalam noken as
4.  Setelah itu pasang kembali mesin, dan cek apakah suara berisik masih ada atau tidak


Cara Mengatasi Suara Mesin Berisik di Satria FU 150

Nah, kalau untuk menghilangkan gejala mrebet saat motor melaju di Rpm rendah. Ganti ajah Pilot Jetnya ama yang lebih tinggi, kalau yang standarnya 12.5 maka kita bisa pake yang 15 atau 17.5. Harga 28ribu, belinya di dealer pas servis. Terus sekalian aja minta setting ulang karbu ama teknisinya.

Sekarang motor anda sudah halus kembali dan tidak ada suara berisik lagi. Jangan lupa untuk selalu memanaskan mesin setiap hari. Panaskan mesin sekitar 2-5 menit saja. Karena jika terlalu lama, maka mesin akan cenderung overheat. Efeknya knalpotnya akan berwarna kekuningan. Ingat bahwa kebanyakan mesin motor masih mengandalkan pendingin angin, artinya hanya akan bekerja jika ada udara yang bergerak. Demikian Tips mengatasi satria fu berisik kali ini. Perawatan berkala pada motor dapat memberikan perlindungan lebih lama pada mesin.
DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain https://zadiexa.blogspot.com/. Terima kasih.
Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

Postingan lainnya

Komentar

Posting Komentar