Mengatasi Gigi Transmisi Mundur Susah Masuk

Apa penyebab Gigi Mundur susah masuk? dan bagaimana mengatasi gigi mobil susah masuk? Untuk memperbaiki gigi atau persneling mobil mundur susah masuk memang perlu kita telusuri penyebabnya. Bagi anda pemilik kendaraan mobil manual tentunya mungkin mengalami masalah ini. Ketika akan mundur, dan menarik tuas persneling ternyata susak masuk. Apa yang menyebabkan hal ini terjadi? dan bagaimana memperbaikinya?

Gigi persneling mundur susah masuk ketika akan mundur memang kadang membuat kita panik. terlebih pada kondisi-kondisi tertentu yang membuat kita harus mundur denagn segera. Nah, untuk memperbaikinya tentunya kita harus mengetahui dahulu kemungkinan-kemungkinan yang menjadi penyebab masalah ini.

Mengatasi Gigi Transmisi Persneling Mundur Susah Masuk


Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab transmisi mundur susah masuk, antara lain :

Pedal Kopling Kurang Pas
Jika anda sering terjadi kegagalan dalam memasukkan gigi mundur, ada kemungkinan setelan pedal kopling kurang pas, artinya saat menekan penuh sebenarnya posisi kopling belum sepenuhnya lepas. Hal yang perlu dilakukan pertama adalah memastikan setelan pedal kopling sudah sesuai.


Kampas Kopling Habis
Salah satu yang paling sering terjadi yang menyebabkan transmisi mundur susah masuk adalah Kampas Kopling sudah habis. Ada baiknya ketika melakukan service berkala, untuk dilakukan pengecekan kampas kopling. Jika sudah mulai habis, lebih baik ganti kampas dengan yang baru

Kabel Tuas Transmisi Macet
Jika kabel tuas trasnmisi macet, menyebabkan kerja tuas menjadi berat, itulah kenapa ketika anda akan melakukan gerakan tuas mundur menjadi berat dan susah masuk. Lakukan pengecekan pada kabel tuas transmisi, pastikan dalam kondisi normal.

Master Kopling Kemasukan Angin (untuk yang Hidrolik)
Nah, bagi pemilik mobil dengan kopling tipe hidrolik, ada kemungkinan master Kopling kemasukan angin. Cek area master kopling dan pastikan tidak ada angin yang tersumbat.

Jika anda mengalami Gigi transmisi sering pindah sendiri, anda bisa mencoba memperbaikinya dengan cara di Cara mengatasi Gigi Persneling Mobil pindah sendiri

Secara umum, kontruksi Gear pada transmisi mundur tidak terdapat komponen yang namanya syncromes, melainkan langsung antara dua gigi yang bersinggungan sehingga pada proses perpindahan tuas transmisi ke gigi mundur ini memiliki perlakuan yang berbeda dengan jika kita memasukkan gigi perseneling ke gigi 1, 2, 3, 4, 5 . Dan karena itulah sehingga jika kita melakukan pengoperan ke gigi mundur disaat yang tidak tepat, dalam artian posisi antar gigi tersebut belum sejajar, maka bisa dipastikan gigi perseneling tidak bisa dioper ke posisi R.

Jika anda sudah memastikan tidak ada kerusakan pada komponen-komponen di atas, cobalah untuk melakukan oper gigi mundur dengan tepat. Caranya posisikan dahulu tuas pada posisi netral, kemudian lepas pedal kopling. Setelah itu tekan pedal kompling dan tarik tuas persneling ke posisi R atau ke belakang. Jika dengan cara ini masih tidak bisa alias masih susah, oba lakukan kembali dengan memposisikan tuas pada posisi netral kemudian masukkan dulu ke gigi satu, dan gas sedikit, setelah itu baru masukkan ke posisi gigi mundur.

Sedikit catatan yang kadang sering dilupakan, ketika akan mengoper gigi, pastikan mobil sudah benar-benar berhenti dengan sempurna terlebih dahulu dengan cara mengerem, baru kemudian memindahkan tuas ke posisi gigi mundur untuk mengurangi beban perpindahan dan membuat gear tetap awet tidak mudah aus.

Demikian Cara Mengatasi Gigi Transmisi Mundur Susah Masuk jika anda mengalami hal ini. Semoga apa yang sudah kita bagi di atas bisa membantu rekan-rekan yang mengalami masalah persneling mobil mundur susah masuk. Salam Otomotif.





DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain https://zadiexa.blogspot.com/. Terima kasih.
Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

Postingan lainnya

Komentar

Posting Komentar