Kisaran Biaya Ganti Kampas Kopling Mobil

Tips Otomotif - Berapa Biaya Ganti Kampas Kopling Mobil? Tentu kita sudah tahu pasti bahwa dalam perawatan mobil membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Mulai dari AC Mobil, Ban Mobil, atau sekedar mengganti kampas rem mobil. Sama halnya pada rem yang menggunakan kampas, Kopling pada mobil juga menggunakan kampas yang sebagaimana fungsinya akan bisa habis atau aus dan perlu diganti. Dalam mengganti kampas mobil memang perlu dilakukan oleh bengkel yang berpengalaman karena kopling merupakan salah satu unit penting setelah rem dan gas.

Biaya mengganti kampas kopling mobil memang cukup menguras dompet jika kita tidak mensiasatinya dengan menyisihkan untuk keperluan perawatan mobil. Nah untuk mengetahui berapa biaya mengganti kampas mobil, kita akan memberikan penjelasan terperinci agar anda dapat memperkirakan sesuai dengan mobil yang anda miliki dan bisa mempersiapkan kisaran budget yang harus dipersiapkan

Biaya Ganti Kampas Kopling Mobil

Biaya Ganti Kampas Kopling Mobil


Gambar di atas adalah foto dari kampas mobil yang digunakan atau diperuntukkan bagi mobil Daihatsu Ayla. Dalam penggantian Kampas Kopling, ada beberapa item yang sebenarnya perlu juga beli, diantaranya :

- Kampas Kopling
- Cover Cluth (sering disebut  Cover matahari)
- Release Bearing
- Seal (untuk Crankshaft belakang)
- Minyak Kopling

Itulah sebenearnya secara standart dalam mengganti kampas kopling mobil. Namun jika ingin lebih menekankan biaya, kita bisa memilah-milah skala prioritas yang mana jika masih bagus tidak perlu diganti. Berikut hitungan kasarnya :

  • Jasa ganti kampas kopling di bengkel resmi, berkisar antara 600 ribu sampai 1 juta, tergantung dari jenis mobilnya. Semakin baru tahunnya semakin mahal jasanya.
  • Satu set kampas kopling (termasuk seal dan lain-lain sepaket) harganya bervariatif, ada yang 1 juta sampai 3 juta.


Jadi jika ditotal antara harga kampas kopling dan jasa pasang hampir sama. Jika anda memiliki mobil dengan tahun keluaran lama, mending pasang di bengkel biasa saja untuk menghemat harga. Namun jika anda termasuk mobil baru ada baiknya anda mengganti di bengkel resmi karena terkait garansi.

Nah kebayang kan harganya. Tetapi jika memang ingin memangkas biaya lebih kecil atau sekecil-kecilnya, ada baiknya anda membeli part-nya saja dan dipasang di bengkel biasa untuk menekan harga jasa yang tinggi. Tentunya kita juga harus bisa memilih bengkel yang memang sudah anda anggap bagus, jangan asal.

Jika ingin memangkas biaya dari part, kita harus menentukan dahulu mana yang perlu diganti, misalnya jika dalam berkendara, kita merasakan kopling sering selip, bukan berarti juga kampas kopling harus diganti. Bisa saja hanya akibat plat koplingnya yang sudah perlu diganti yang baru.Untuk Minyak kopling, biasanya dalam penggantian kampas, minyak kopling harus diisi dengan yang baru sehingga harus membeli juga minyak Kopling

Untuk bagian bearing (release bearing) jika putaran bearing tidak 'gregel', kemudian jika seal crankshaft masih bagus(tidak lower/bocor),maka juga tidak perlu diganti dahulu.

Tanda-tanda Kampas Kopling Minta diganti :
  • Pedal kopling terasa mulai berat, saat beban berat dan kondisi tanjakan, rpm terasa lebih tinggi dari biasanya dan tenaga terasa berkurang
  • Penggunaan Bahan bakar lebih banyak (boros)
  • Saat akselerasi, peningkatan RPM lebih cepat tetapi tidak sebanding dengan keepatan mobil.

Idealnya penggantian kampas kopling diganti sekitar 50.000 km untuk mobil-mobil baru (dihitung dalam pemakaian normal). Namun setiap mobil berbeda-beda, ada baiknya anda membaca Manual Book (petunjuk bagi pengguna) agar kita dapat merawat mobil sesuai dengan kebutuhan mobil masing-masing.

Demikian kisaran biaya penggantian kampas kopling mobil, yang semoga bisa menjadi referensi bagi anda yang ingin mengganti kampas kopling mobil dalam waktu dekat. Salam
DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain https://zadiexa.blogspot.com/. Terima kasih.
Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

Postingan lainnya

Komentar

Posting Komentar