Tips Rekomendasi Membeli Mesin Cuci

Tips Elektronik - Bagaimana cara memilih Mesin Cuci yang baik? Banyak faktor yang harus dilihat saat anda akan memilih untuk membeli mesin cuci. Kita harus tahu persis dan benar-benar memperhatikan berbagai fitur serta karakteristik mesin cuci tersebut supaya tidak salah pilih saat membeli. Karena jika kita tidak mempertimbangkan hal ini, kita tidak bisa efektif misalnya membeli mesin cuci yang mahal tapi ternyata kebutuhan kita sebenarnya cukup bisa dilakukan oleh mesin cuci yang lebih murah.

Dalam memilih mesin cuci, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika kita memilih mesin cuci. Meski kita tidak bisa merekomendasikan beberapa merk mesin cuci, karena hal ini berpengaruh pada budget dan kebtuhan, namun ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan. Tips-tips ini akan mengajak anda menyesuaikan dengan kondisi anda saat ini. Juga tentunya dengan budget yang anda punya untuk membeli mesin cuci. berikut tips-tips dalam memilih mesin cuci

Tips Membeli Mesin Cuci


cara memilih Mesin Cuci


1. Perhatikan Masa Garansi dan Lokasi Service Center
Garansi untuk sebuah mesin cuci menjadi fitur yang paling penting diperhatikan, karena alat ini tergolong sebagai alat rumah tangga yang apabila rusak akan sulit direparasi oleh anda sendiri. Oleh karena itu, direkomendasikan untuk memilih mesin cuci yang setidaknya memiliki masa garansi satu tahun, dan pastikan anda tidak perlu membayar biaya apapun saat reparasi dalam masa garansi.

Satu hal lagi yang harus anda perhatikan adalah service center merk mesin cuci yang anda berikan. Karena klaim garansi sebagian besar hanya bisa dilakukan di service center, maka pastikanlah service center mesin cuci tersebut berada di lokasi yang terjangkau dari tempat tinggal anda.

2. Auto dan Semi-Auto?
Secara sederhana, mesin cuci bisa dibedakan menjadi dua, otomatis dan semi otomatis. Mesin cuci otomatis adalah jenis mesin yang sangat sedikit memerlukan "campur tangan manusia". Anda tinggal memasukkan baju, memutar air, menekan tombol, maka semua pakaian anda akan selesai dicuci. Dalam mesin cuci semi otomatis, anda masih harus membuang dan mengisi air, memindahkan pakaian dari satu tabung ke tabung lain, serta melakukan hal-hal kecil lainnya.

Keuntungan mesin cuci otomatis tentu saja lebih hemat waktu dan efisien. Namun, harganya tentu lebih mahal dari yang semi-otomatis. Selain itu, dibandingkan dengan mesin cuci semi-otomatis, mesin cuci otomatis lebih rawan rusak.

3. Jenis dan Merk Mesin Cuci
Sangat disarankan untuk membeli mesin cuci dengan merk yang sudah terpercaya. Walaupun harganya lebih mahal, merk yang sudah memiliki nama menjanjikan kualitas yang lebih baik. Sangat direkomendasikan untuk membeli mesin cuci merk LG, Samsung, dll yang brand-nya sudah familiar, karena selain harganya terjangkau, kualitas baik, service center-nya pun sudah ada di seluruh Indonesia.

4. Pintu Atas atau Pintu Depan
Mesin cuci berpintu atas jauh lebih efisien dan lebih bersih dalam mencuci. Selain itu biasanya jenis ini juga dilengkapi dengan pengatur suhu air. Namun, mesin cuci berpintu depan memiliki harga yang cukup lebih mahal daripada yang berpintu atas. Selain itu, mesin cuci jenis ini juga harus selalu terhubung dengan sumber air yang mengalir dengan deras. Jika anda tinggal sendirian dan tidak harus terlalu sering mencuci, sepertinya mesin cuci berpintu atas sudah cukup untuk anda. Satu lagi keuntungan dari jenis ini adalah anda bisa memasukkan pakaian di tengah-tengah proses mencuci.

5. Kapasitas
Pertimbangkan banyaknya pakaian kotor dalam periode satu kali mencuci. Jika anda hanya sendirian saja, sepertinya mesin cuci dengan kapasitas minimal (6 kilogram) sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan.

6. Basah atau Kering (Pemeras)
Hampir semua mesin cuci saat ini dilengkapi dengan fasilitas mesin pengering, atau lebih tepatnya disebut sebagai mesin pemeras. Untuk mesin cuci yang banyak digunakan orang dengan harga normal, biasanya mesin ini hanya memeras air dari pakaian. Pakaian-pakaian tersebut masih perlu setidaknya dijemur selama 2 jam di bawah matahari.

7. Daya Listrik
Perhatikanlah daya listrik yang didibutuhkan untuk menyalakan mesin cuci itu sehingga bisa bekerja dengan maksimal. Jangan sampai anda membeli sebuah mesin cuci canggih, namun pada akhirnya ketika beroperasi justru mengganggu aktivitas lain di rumah anda karena daya listriknya tidak mencukupi. 

8. Budget
Faktor terakhir yang paling penting adalah seberapa besar dana yang anda sediakan untuk membeli mesin cuci. Tentunya kita ingin mendapatkan mesin cuci berkualitas sebagus mungkin, dengan harga yang semurah mungkin. Satu hal penting, membeli mesin cuci adalah investasi jangka panjang. Lebih baik pilih kualitas mesin cuci yang lebih baik, walaupun harganya sedikit lebih mahal.

 Demikian Tips Membeli Mesin Cuci ini semoga bisa membantu anda yang bingung memilih mesin cuci yang sesuai dengan kebutuhan anda. Semoga bermanfaat bagi anda. Salam.

DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain https://zadiexa.blogspot.com/. Terima kasih.
Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

Postingan lainnya

Komentar

Posting Komentar