Mengenal Sistem EFI (Electronic Fuel Injection) dan Cara Kerjanya

Tips Otomotif - Sudah pernah mendengar apa itu Sistem EFI? tentunya bagi beberapa orang seperti siswa Otomotif atau mahasiswa teknik yang mengambil jurusan Otomotif setidaknya tahu apa itu EFI atau Electronic Fuel Injection. Yup kalau dalam bahasa awam mungkin lebih dikenal dengan sistem injeksi. Nah kali ini kita akan membahas mengenai Sistem Kera EFi atau injeksi ini.

Pengertian Sistem EFI ini sendiri mengarah pada sistem pembakaran. Perbedaan yang paling terlihat dari sistem seperti sebelumnya atau sistem karburator adalah dari jumlah bahan bakar dalam setiap pembakaran. Jika dalam karburator menyemprotkan bahan bakar ke pembakaran menggunakan setelan dari karburator, sistem EFI sudah menggunakan sistem komputerisasi atau sensorik dalam menyemprotkan bahan bakar untuk membuat pembakaran. Untuk lebih jelasnya berikut pengertian EFi dan juga sistem Kerja EFI

Pengertian dan Sistem Kerja EFI

Pengertian Sistem EFI

 EFI atau singkatan dari Electronic Fuel Injection merupakan sistem penyuplai atau penyemprot bahan bakar yang dilakukan oleh injektor untuk menghasilkan pembakaran yang kerjanya dikontrol secara elektronik sehingga pembakaran lebih efektif. Keuntungan dari sistem EFI ini akan menghasilkan pembakaran yang sempurna karena campuran udara dan bahan bakar akan sesuai kebutuhan tenaga yang diperlukan oleh mesin. Selain itu juga akan menghemat penggunaan bahan bakar karena penggunaan bahan bakar yang efisien ini diatur secara otomatis oleh sistem elektronik.

Secara garis besar, ada beberapa keuntungan menggunakan EFI jika dibandingkan dengan karbutator, diantaranya :

Keuntungan :
  • Campuran bahan bakar yang ideal akan menghasilkan pembakaran yang sempurna(tenaga lebih powerfull)
  • Efisiensi pemakaian bahan bakar (lebih irit)
  • Gas buang lebih ramah lingkungan
  • Minim perawatan karena semua sudah menggunakan sistem otomatis
  • Tanpa Choke-up karena otomatis meningkatkan suhu ketika mesin dingin

Kekurangan :

  • Jika ada kerusakan relatif mahal karena semua sistem otomatis
  • Mudah tersumbat karena lubang injektor sangat kecil
  • Sistem kerja hanya bergantung pada sensor2, jika salah satunya rusak tidak akan terjadi pembakaran

Jenis-jenis Sistem EFI (Electronic Fuel Injection)


Ada dua jenis sistem EFI yang ada dan populer digunakan yaitu sistem D-EFI dan sistem L-EFI

1. Sistem D-EFI (Manifold Pressure Control Type)
Sistem D-EFI ini mengukur tekanan udara yang ada pada intake manifold untuk selanjutnya melakukan penghitungan umlah udara yang masuk. D-EFI memiliki arti ”D-jetronic" yang merupakan salah satu merk dagang dari Bosch. “D” berasal dari bahasa Jerman yaitu “Druck” yang mempunyai arti tekanan. “Jetronic adalah istilah Bosch yang berarti penginjeksian. Sistem D-EFI ini tidak seakurat sistem L-EFI yang menggunakan air flow (pengukur jumlah aliran udara), hal ini dikarenakan pada sistem D-EFI tidak dapat mengkonversi dengan tepat tekanan udara dan jumlah udara yang melewati intake manifold.

2. Sistem L-EFI (Airflow Control Type)
Sistem L-EFI ini menggunakan Airflow meter untuk mengukur jumlah udara yang mengalir melalui intake manifold. Untuk itulah kenapa tadi disinggung bahwa L-EFI lebih akurat karena pengukurannya langsung pada jumlah udara yang mengalir.


Cara Sistem Kerja EFI

Sistem EFI ini dibagi menjadi 3 unit kerja Sistem EFI atau fungsi bagian yaitu sistem bahan bakar, sistem induksi udara dan sistem pengontrol elektronik (Electronic Control System).

1. Sistem Bahan Bakar : 
Sitem Bahan Bakar berfungsi untuk menyalurkan bahan bakar dari tangki ke ruang bakar. Komponen system bahan bakar antara lain :
  • Pompa Bahan bakar : Berfungsi menyalurkan bahan bakar dari tangki ke injector. 1) Pompa Bahan bakar
  • Fuel pulsation damper : Berfungsi menyerap perubahan tekanan pada saluran tekanan karena adanya injeksi.
  • Pressure Regulator : Berfungsi mengatur tekanan bahan bakar ke injector-injektor. Jumlah bahan bakar yang di injeksikan diatur oleh sinyal yang di berikan ke injector sehingga tekanan harus tetap pada tiap-tiap injektor.
  • Injektor : Sebuah nozzle elektromagnetik yang kerjanya dikontrol oleh computer. Dilengkapi dengan heat insulator pada saluran masuk atau pada kepala slinder yang dekat dengan lubang pemasukan
  • Cold start injektor : Berfungsi untuk mensuplai bahan-bahan pada saat suhu motor masih rendah. Injektor bekerja hanya pada saat start bila temperature air pendingin di bawah 220 Celsius.

2. Sistem Induksi Udara : 
Udara akan masuk melewati filter udara agar terbebas dari kotaran dan debu, udara yang sudah bersih ini kemudian akan masuk ke airflow meter dengan membuka measuring plate, besarnya pembukaan ini bergantung pada kecepatan aliran udara yang masuk ke dalam intake chamber. Besarnya kecepatan aliran udara yang masuk ke intake chamber ini tergantung pada besarnya katup throttle membuka. Udara ini kemudian akan mengalir ke intake manifold yang selanjutnya akan masuk ke ruang bakar.

Sistem induksi udara terdiri dari beberapa komponen antara lain::
  • Throttle body : Terdiri atas katup therottle untuk mengontrol udara masuk.
  • Katup udara : untuk fast idle yang bekerjanya oleh bimetal dan heat coil motor dalam keadaan dingin.
  • Air flow meter : Berguna untuk mendeteksi jumlah udara yang masuk dan mengirimkan sinyal ke computer yang menentukan dasar jumlah injeksi.
  • Unit Kontrol Elektronik (ECU)
  • Memiliki bermacam-macam sensor yang terdiri atas air flow meter, Sensor air pendingin, sensor psisi katup gas, sensor udara masuk, sensor gas tekan, dan sensor tekanan mesin.

3. Sistem Pengontrol Elektronik : 
Sistem pengontrol elektronik ini terdiri dari sensor-sensor yang berguna untuk mendeteksi kondisi mesin dan juga komputer (ECU) untuk menentukan ketepatan jumlah bahan bakar yang diinjeksikan oleh injector sesuai dengan kondisi mesin yang telah ditangkap oleh sensor-sensor.

Demikian pembahasan mengenai Sistem EFI dan cara kerja Sistem EFI. Bagi anda yang memiliki mobil atau motor dengan sistem kerja EFI ini ada baiknya untuk memahami kelebihan dan kekurangan EFI . Semoga tulisan ini bisa memberikan pengetahuan baru bagi anda. Salam.
DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain https://zadiexa.blogspot.com/. Terima kasih.
Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

Postingan lainnya

Komentar

Posting Komentar