Cara Memperbaiki Speedometer Motor yang Mati

Tips Otomotif - Bagaimana Cara Memperbaiki Speedometer Mati? Spidometer(SpeedoMeter) merupakan salah satu alat yang memiliki fungsi utama yaitu untuk mengukur kecepatan atau laju kendaraan. Selain itu pada spidometer juga memiliki indikator lain seperti level bahan bakar, juga posisi gigi dan juga jumlah kilometer jarak tempuh. Namun pada dasarnya fungsi utama untuk menunjukkan kecepatan sepeda motor saat melaju di jalan. Lalu bagaimana bila spidometer mati? Kali ini kita akan bahas mengenai cara mengatasi spidometer mati.

Speedometer Motor Mati bagi beberapa orang kadang disepelekan. Bila spidometer mati maka dibiarkan saja. Tetapi bila anda mengetahui cara memperbaikinya yang ternyata cukup mudah, tentu anda ingin memperbaikinya sendiri tanpa haru s datang ke bengkel. Berikut ini kita akan coba memberikan langkah memperbaiki spidometer dan juga menganalisa penyebab spidometer mati. Ada beberapa penyebab sebenarnya yang mempengaruhi adahnya hal ini. Kerusakannya pun bervariatif mulai dari lampu spidometer mati, indikator bensin full terus, atau jarum spido tidak mau naik, dll

Spidometer Motor yang mati disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya seperti kabel speedometer yang lepas, putus, atau gear penghubung kabel sudah macet. Saat ini model atau jenis spidometer lebih populer menggunakan digital ketimbang analog. Tetapi pada dasarnya sistem kerjanya sama saja, yaitu mengggunakan kabel yang dihubungkan oleh gigi adaptor yang menghubungkan dengan jarum penunjuk kecepatan (analog) atau bila spidometer menggunakan digital, biasanya ada kabel converter yang putus.

Cara Memperbaiki Spidometer Mati

Cara Memperbaiki Spidometer Mati

Beberapa kemungkinan spidometer mati dan cara memperbaikinya  :

1. Gigi adaptor pada Spidometer Aus

Salah satau Penyebab speedometer mati biasanya gigi adaptor yang ada pada as roda sudah aus. Bila  masalah spidometer mati akibat hal ini, perlu ganti gigi adaptor. Tetapi perlu diperhatikan juga, bsia jadi gigi tidak aus atau hanya kotor akibat kerak oli sehingga coba bersihkan dahulu jika memang gigi-gigi nya masih bagus, coba pasang kembali.





3. Landasan Velg Rusak
Salah satu penyebab Gigi macet adalah landasan tromol atau velg sudah rusak sehingga membuat perputaran gigi terhambat atau malah macet. Untuk masalah ini, solusinya perlu ganti velg baru.

4. Kabel Spidometer Putus
Jika spidometr dibuka ternyata kabel ditarik dan putus ditengah, berarti memang ini penyebab spidometer mati sehingga perlu kabel spidometer baru.

5. Soket Spidometer Putus
Soket spidometer putus atau kendor sehingga menyebabkan putaran dari kabel spidometer tidak terbaca oleh spidometer dan menyebabkan jarum spidometer tidak mau bergerak. Hal ini biasanya terjadi pada motor matic dan beberapa motor yang menggunakan digital. Ada baiknya coba tes menggunakan multitester untuk memastikan kabel masih terhubung dengan baik. Jika tidak, perlu ganti kabel dan soket untuk eletikal spidometer.
 

Demikian mengenai Cara Memperbaiki Spidometer yang Mati, semoga bagi anda yang mengalami spidometer tidak berfungsi, bisa kembali menunjukka kecepatan sesuai dengan sistem kerja spidometer. Semoga tulisan ini bermanfaat. Salam

DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain https://zadiexa.blogspot.com/. Terima kasih.
Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

Postingan lainnya

Komentar

Posting Komentar