Tanda AC Mobil Kehabisan Freon dan Biaya Isi Freon

 Bagaimana Cara Mengetahui Freon AC Mobil Habis? Bagi pemilik dan pengguna mobil terkadang bingung jika mengalami ac tidak dingin tiba-tiba ada mobil anda, terlebih adanya kerusakan ac di musim kemarau sehingga membuat masalah yang berarti. Apakah AC mobil rusak atau memang freonnya habis? Bagaimana kita mengetahui freon ac mobil sudah habis atau perlu diisi lagi?

Ciri-ciri Freon AC mobil habis sebenarnya bisa kita deteksi sehingga kita mengetahui dengan pasti bahwa masalah yang terjadi di AC mobil kita bukan akibat rusak melainkan hanya kehabisan Freon AC saja. Nah, ada beberapa ciri-ciri dan tanda yang bisa kita ketahui jika sudah waktunya isi kembali AC Freon di Mobil kita. Mengisi AC freon mobil sebenarnya bisa kita lakukan berkala ketika kita sudah mengetahui dengan pasti kondisi dan juga standart atau prosedur yang ditentukan. Namun terlepas dari itu, bagi pengguna mobil harus mengetahui apa saja tanda-tanda atau ciri-ciri freon AC Mobil sudah habis dan perlu diisi lagi sehingga kita yakin bahwa AC tidak dingin bukan akibat kerusakan melainkan hanya kehabisan freon saja.


Cara Mengetahui Freon AC Mobil Habis

Cara Mengetahui Freon AC Mobil Habis

Ada beberapa cara mengetahui Freon AC habis dan perlu diisi lagi, antara lain :

1. Kompresor AC Sudah Tidak Bekerja
Dalam sistem AC mobil sudah dilengkapi dengan pressure switch yang bekerja berdasarkan tekanan tertentu. Pressure Switch inilah yang memerintahkan kompresor AC untuk bekerja. Jika tekanan kurang atau lebih dari yang ditentukan maka pressure switch tidak akan bekerja sehingga tidak ada perintah untuk menghidupkan kompresor AC. Nah, ketika freon habis atau hampir habis, maka tekanan yang dihasilkan tidak sesuai sehingga tidak ada perintah yang tersampaikan ke kompresor untuk bekerja. Ketika anda menyalakan AC namun kompresor AC tidak bekerja kemungkinan Freon habis.

2. Hembusan Angin dari AC Tidak Dingin
Jika AC mobil anda bekerja dengan baik dan mengeluarkan hembusan namun sudah tidak dingin lagi, kemungkinan besar sudah saatnya isi freon.

3. Extra Fan Tidak Bekerja
Selain kompresor yang tdiak bekerja, Extra Fan juga mati.

Jika terjadi 2 dari 3 tanda di atas, atau bahkan ketiga ciri-ciri diatas terdapat pada mobil anda, maka tidak perlu khawaitr, kemungkinan besar hanya freon saja yang habis, bukan akibat kerusakan pada AC Mobil anda. Tetapi jika salah satu saja ciri-ciri di atas, bisa akibat lain seperti misalnya saklar yang putus, pressure switch atau sensor yang mati, dan lain sebagainya. Untuk itu perlu melakukan analisa dan pengecekan pada unit AC Mobil mulai dari Freon hingga kelistrikan yang terhubung dalam jaringan AC Mobil anda.

Ketika kehabisan freon atau freon di AC mobil anda sudah berkurang maka ada baiknya lakukan pengisian freon AC di mobil anda. berapa harga atau biaya isi freon ac Mobil? Freon AC mobil yang saat ini ada terdiri dari dua jenis atau model, yaitu model R12 dan model R134a. Freon R12 biasanya terdapat pad amobil-mobil lama atau keluaran tahun tua, sedangkan untuk mobil-mobil keluaran baru sudah menggunakan jensi R134a. Dalam melakukan pengisian freon mobil harus sesuai agar memperpanjang usia Freon AC lebih awet.

Biaya isi Freon AC Mobil

Biaya isi Freon bergantung pada jenis blower. Untuk mobil dengan single blower harga isi freon berkisar antara 150 ribu sampai dengan 200 ribu. Sedangkan untuk double blower berkisar harga 200 ribu sampai 300 ribu tergantung jenis mobil masing-masing.

Demikian informasi mengenai biaya Isi Freon terbaru dam juga ciri-ciri mengetahui Freon AC Habis. Semoga tulsian di atas dapat membantu bagi yang mengaalami permasalahan serupa agar bisa dijadikan referensi yang tepat untuk anda. Salam.



DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain https://zadiexa.blogspot.com/. Terima kasih.
Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

Postingan lainnya

Komentar

Posting Komentar