Penyebab Mesin Motor Brebet(Tersendat) dan Cara Mengatasinya

Tips Otomotif - Pernahkah mengalami motor yang biasanya melaju dengan sempurna tiba-tiba mesin motor brebet? Jika kendaraan tiba-tiba mengalami gejala mesin motor brebet seperti bahan bakar mau habis dan jalan tersendat-sendat maka perlu dicari penyebabnya. Untuk sepeda motor kadang munculnya masalah motor yang mesinnya mbrebet disebabkan banyak faktor yang diakibatkan kurangnya perawatan dalam mengendarai sepeda motor. Lalu bagaimana cara mengatasi mesin motor yag tersendat-sendat?

Masalah Mesin Motor Brebet tentunya bakal mempengaruhi performa dan kinerja dari motor. Jika masalah ini ebrlarut-larut dan tidak segera ditangani selain motor dapat berhenti dan mogok di tengah jalan, kemungkinan besar juga akan merusak komponen didalamnya.  Berikut ini kita coba memberikan cara mengatasi motor mbrebet dan faktor-faktor apa saja yang mempengarhi agar dapt menangani masalah ini.

Cara Mengatasi Mesin Motor Brebet

Cara Mengatasi Mesin Motor Brebet


Untuk dapat menangani masalah motor mbrebet dan tersendat-sendat, tentunya perlu ktia ketahui dahulu penyebabnya. Berikut beberapa penyebab dan cara mengatasi masalah motor ini:

Bahan Bakar
Munculnya masalah Motor brebet dapat disebabkan oleh kualitas bahan bakar yang tidak bagus. Biasanya terjadi akibat kita membeli premium eceran. Bukan maksud merendahkan penjual eceran, namun banyak penjual eceran yang tidak menjaga kebersihan sehingga kadang bensin bercampur dengan pasir atau kerikil sehingga masuk pada karbu kita dan mengganggu pembakaran.

Juga lakukan service berkala dengan membersihkan karburator. Atau bisa juga munculnya banyak kerak pada tanki bahan bakar, selang, dan juga karburator, untuk itu perlu sesekali menggunakan bahan bakar beroktan tinggi seperti pertamax. Anda bisa menentukan jenis bahan bakar sesuai dengan kebutuhan anda, Jika motor Injeksi, bersihkan bagian iject (injeksi) untuk membersihkan kerak yang menempel didalamnya.

Setelan Karburator
Setelan karburator yang tidak pas juga bisa menimbulkan mesin Motor yang berebet. Hal ini hanya pada seputar setingan dari pelampung dan needle valve. Atau bsia juga rusak. Jika kedua komponen ini rusak, maka akan terjadi bahan bakar banjir dan bisa membuat busi basah. Akibatnya motor akan brebet. Bisa juga bahan bakar motor Anda sudah kemasukan air. Anda bisa melakukan langkah untuk membuang beberapa bahan bakar hingga kandungan airnya habis. Biasanya masalah ini faktor penyebab adalah kehujanan.

Pengapian/Busi
Motor yang sering brebet juga bisa dipengarhui oleh faktor busi yang kotor atau bermasalah. Coba bersihkan atau ganti busi motor Anda jika memang sudah waktunya ganti. Ganti busi dengan tipe yang lebih dingin, misal NGK 7 diganti angkanya 8 atau 9. Hal ini karena busi dingin ini lebih tahan.

Pompa Bahan Bakar (Fuel pump)
Salah satu pengaruh yang kadang dilupakan adalah Fuel pump. Fuel Pump itu akan awet jika bensin di dalamnya bagus dan tidak kotor. Gejalanya jika kotor mesin akan tersendat-sendat atau brebet. Kalau fuel pump bermasalah, tekanan bensin bisa ketinggian, bisa juga terlalu rendah. Kedua hal ini bisa menyebabkan mesin motor brebet. Untuk itu lakukan pengecekan kekencangan Fuel Pump.

Hal yang paling penting untuk merawat motor adalah melakukan service berkala sesuai dengan penggunaan(jarak tempuh) yang disarankan oleh pabrik. Untuk mencegah sesuatu yang akan merusak komponen motor ada baiknya service atau perawatan secara berkala, dan sebagai pengguna ada baiknya sering memeriksa komponen-komponen yang penting seperti Rem, Gas, dll. Demikian cara mengatasi mesin motor mbrebet, semoga bsia bermanfaat untuk anda. Salam.

DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain https://zadiexa.blogspot.com/. Terima kasih.
Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

Postingan lainnya

Komentar

Posting Komentar