Cara Memperbaiki Lampu Sein(Sign) Motor yang Mati

Bagaimana Cara Memperbaiki Lampu Sein Motor yang Mati? Lampu Sein atau Sign atau ada yang menyebut lampu shazard merupakan lampu yang vital bagi kendaran bermotor baik sepeda motor atau mobil. Ketika sedang berkendara di jalan raya, lampu sein (sign) pada motor merupakan salah satu fitur yang sangat penting untuk memberikan informasi pada pengguna jalan lainnya. Namun, terkadang lampu sein motor bisa mati dan menjadi masalah yang cukup mengganggu. Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab lampu sein motor mati, mulai dari kabel yang putus hingga soket yang kendor. Nah, pada artikel kali ini, saya akan memberikan beberapa cara untuk memperbaiki lampu sein motor yang mati.

Lampu Sein adalah hal yang dibutuhkan dalam berkendara, apalagi bagi kendaraan yang sering melaju di jalan yang ramai. Sangat penting fungsinya lampu sein untuk menandakan kita akan berbelok ke kiri atau ke kanan. Guna dari lampu sein saat ini bisa mengurangi angka kecelakaan. Namun begitu ada beberapa komponen terkait dengan berfungsi atau tidaknya lampu sein. Komponen itu antara lain flasher, bohlam lampu sein, saklar dan kabel penghantar.

Flasher merupakan salah satu komponen yang terdapat pada kendaraan yang berfungsi untuk menyalakan lampu tanda belok ke kiri atau ke kanan atau hazard agar bisa bekerja kedip secara otomatis. Lalu bagaimana cara mengatasi lampu sein yang tidak menyala atau lampu sein yang nyala tidak berkedip? berikut langkah-langkahnya:

 Cara Memperbaiki Lampu Sein(Sign) Motor yang Mati


Adapun langkah / cara memperbaiki lampu sein motor yang rusak atau mati adalah :
  • Lepaskan body depan (kepala) pada motor, siapkan kunci-kuncinya terlebih dahulu.
  • Lepaskan flasher dari terminal kabel atau cop kabel. Analisa pertama mungkin hanya socktenya yang kendor saja. Maka coba lepas dan pasang kembali
Cara Memperbaiki Lampu Sein(Sign) Motor yang Mati

  • Jika bukan dari flashernya, selanjutnya periksa kabel lampu sein kanan atau kah kiri, pastikan tidak ada yang putus.
  • Jika tidak ada yang putus, coba hubungkan terminal kabel tersebut atau cop kabel tadi dihubungkan langsung dengan seutas kabel atau kawat (di jumper) ke scoket (sambungan tanpa flasher)
  • Coba anda hidupkan lampu sein kanan atau lampu sein kiri secara bergantian.
  • Jika lampu sein menyala meskipun tidak berkedip, berarti ada kerusakan pada flasher.
  • Tapi jika lampu sein mati, maka kerusakan belum tentu atau bukan hanya pada flasher tapi juga pada kabel-kabel penghubungnya yang harus diperbaiki, periksa saklarnya apakah masih berfungsi dengan baik atau kunci kontak dalam keadaan baik.

Jangan lupa dengan melakukan perawatan berkala pada lampu sein motor. Dengan membersihkan kotoran yang menempel pada lampu dan soket secara berkala agar tidak terjadi masalah pada lampu sein.

Ingatlah juga untuk selalu memperhatikan keselamatan saat memperbaiki lampu sein motor. Pastikan motor dalam keadaan mati dan jangan menyentuh kabel atau soket dalam keadaan basah atau lembab. Selalu gunakan alat pengaman seperti sarung tangan dan kacamata pelindung saat memperbaiki motor.

Selain itu, ketahui juga bahwa beberapa model motor mungkin memiliki fitur yang berbeda dalam mengatur lampu sein. Beberapa model mungkin memiliki saklar yang berbeda atau bahkan menggunakan sistem elektronik untuk mengatur lampu sein. Jika memanggil bantuan profesional diperlukan, pastikan untuk memilih bengkel yang memiliki pengalaman dalam memperbaiki motor dan bisa memperbaiki masalah dengan cepat dan efisien.

Dalam kesimpulan, memperbaiki lampu sein motor yang mati bukanlah masalah yang sulit jika mengetahui cara yang tepat. Dengan melakukan perawatan berkala dan memperhatikan kondisi motor secara teratur, Anda dapat menghindari masalah seperti lampu sein motor mati dan berkendara dengan lebih aman dan nyaman. Jangan ragu untuk mencari bantuan dari ahli jika dibutuhkan dan selalu berhati-hati saat memperbaiki motor.

Demikian cara memperbaiki Lampu sein yang mati dan tidak mau berkedip. Semoga bsia bermanfaat untuk anda. Selalu perhatikan dan periksa kondisi lampu sein pada motor secara berkala agar tidak terjadi masalah saat berkendara di jalan raya. Semoga bermanfaat!

DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain https://zadiexa.blogspot.com/. Terima kasih.
Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

Postingan lainnya

Komentar

Posting Komentar