Cara Mengatasi Rem Cakram Macet pada Motor

Cara Mengatasi Rem Cakram Macet di Motor? rem merupakan komponen vital dalam sebuah kendaraan bermotor. Rem berfungsi untuk menghentikan atau memperlambat laju sepeda motor, tanpa adanya sistem rem motor yang kita kendaraan sulit untuk berhenti atau diperlambat sesuai dengan keinginan pengendara. Jenis rem pada kendaraan bermotor ada bermacam-macam, dinataranya rem kampas, juga rem cakram. Ketidaknormalan rem akan membahayakan pengguna sepeda motor, apalagi rem cakram macet. Berbagai kerusakan sering terjadi pada komponen rem motor, diantaranya rem macet. Terkadang rem cakram ada yang berbunyi, atau suara abnormal. Atau misalnya macet atau seret.

Bagaimana jika rem cakram macet? Rem yang ditarik terasa keras, atau berat itu artinya rem macet. Rem macet diakibatkan piston rem yang macet atau tidak bisa terdorong oleh minyak rem. Piston rem yang acet diakibatkan banyak faktor. Bisa akibta karat, atau kemasukan kotoran atau debu, bisa juga adanya kotoran yang masuk dari minyak rem.  Nah kali ini kita coba membongkar rem yang macet agar bisa kembali normal. Berikut kita coba untuk memperbaiki rem yang macet.

Memperbaiki Rem Cakram yang Macet

 Rem cakram macet diakibatkan piston rem yang tidak mau terdorong oleh minyak rem sehingga terasa berat. Untuk itu perlu membongkar rumah piston.

Alat yang digunakan :
1. Kunci pas ukuran 17
2. Kunci pas ukuran 10
3. Kunci L6
4. Wadah penampung
5.  Lap
6. Angin/kompresor


Inilah langkah membongkar rumah piston rem cakram:
  • Posisikan motor dengan standar utama atau standar tengah
  • Lepaskan roda depan motor dengan melepas baut as roda
  • Lepaskan kaliper rem dari dudukan yang menempel dengan shock beker
  • Lepaskan selang rem dari kaliper dan keluarkan minyak rem, gunakan wadah/nampan untuk menampung minyak (hati-hati karena jika terkena tangan bisa iritasi dan gatal)
  • Keluarkan piston dari kaliper dengan menariknya, jika sulit gunakan kompresor untuk mengeluarkan piston, tiup dari lubang masuknya oli rem.
  • Bersihkan piston dari kotoran atau karat dan periksa dari kemungkinan luka / goresan, jika kotoran / karat susah dibersihkan gunakan kompon untuk membersihkannya, kompon selain membersihkan karat dan kotoran juga menghaluskan permukaan piston yang tergores tipis.



  • Bersihkan juga silindernya
  • Pasang kembali piston yang sudah dibersihkan dengan ringnya
  • Isi kembali minyak rem baru pada master silinder rem
  • Buang udara yang terjebak di dalam sistem rem karena akan mengganggu proses pengereman
  • Lakukan test untuk memastikan rem sudah tidak lagi macet.

Demikian Cara Memperbaiki Rem Cakram Macet pada Motor, mudah kan? semoga bermanfaat untuk anda yang menagalami Macet Rem Cakram pada Motor. Salam.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Pinterest
Tags :

Related : Cara Mengatasi Rem Cakram Macet pada Motor

0 komentar:

Posting Komentar