Tips Memilih Audio Mobil Speaker dan Power Amplifier

Bagaimana Memilih Audio Mobil Speaker dan Power Amplifie? beberapa orang bingung dalam menentukan amplifier yang cocok untuk mobilnya, baik dari segi harga, keawetan, dan juga resiko yang ditimbulkan bila amplifier malah merusak komponen lain pada mobil. Amplifier memiliki dua jenis, yaitu tipe tabung dan mosfet. Kedua jenis ini memiliki kelebihan beserta kekurangannya masing-masing.

Memilih Amplifier untuk mobil memang harus hati-hati. Secara umum amplifier tabung sangat cocok untuk penggemar karakter vocal dinamis dengan detail bagus. Sedangkan tipe mosfet memberikan kecepatan dan respon yang sempurna. Pemakaian amplifier pada sistem audio mobil mempunyai tujuan agar bisa menguatkan signal nada yang datang dari main source atau head unit yang lantas dapat dialirkan ke speaker. Dan amplifier bertugas terima tanda nada dari source serta mengolahnya supaya tanda nada mempunyai tenaga yang semakin besar serta kuat hingga speaker dapat mengeluarkan nada yang maksimal.

Hal pertama yang perlu dipikirkan dalam tips memilih dan membeli Audio mobil adalah menentukan anggaran atau dana. Memasang Audio pada mobil tidak selalu membutuhkan uang yang banyak. Dengan mengetahui besarnya saku, tentu kita dapat mengambil keputusan yang sesuai dengan kemampuan.

Tips Memilih Audio Mobil Speaker dan Power Amplifier


Tips Memilih Audio Mobil Speaker dan Power Amplifier


Secara detail, berikut tips memilih Amplifier:
1. Pilih amplifier yang suaranya bagus. Bentuk bagusmerupakan nomor dua, yang lebih diprioritaskan adalah suara.
2. Pilih yang memiliki brand dan importir yang baik. Hal ini sangat penting karena biasanya lebih rentan rusak daripada speaker biasa. Dan importir biasanya punya akses ke Sparepart seperti Op Amp atau Transistor2 atau Toroida yang lebih baik daripada tukang servis biasa terutama untuk toroidal atau amp yang menggunakan transistor2 "eksotik". Dan Brand yang kuat pasti gak mau mengecewakan fans-fans setianya.
3. Hati-hati dengan ampli yang mereknya yang tidak jelas dan cenderung mencurigakan.Mencurigakan yang dimaksud adalah misalnya modelnya mirip dengan brand tertentu.
4. Pilih ampli yang punya build material yang cukup bagus. Bikinannya halus, fiturnya lengkap, manualnya pun
dibuat bukan untuk dijadikan bungkus kacang goreng, dan kardus.
5. Untuk komponen dalam, usahakan cari yang punya kualitas komponen lumayan dan tidak banyak jumper. seandainya jumper itu ada, pastikan jumper terbuat dari material yang baik (kabel yang bagus atau besi/tembaga yang cukup baik)

Beberapa hal yang perlu diperhatikan :
1. Toroid, kalau bisa cari power yang toroidnya besar tetapi gulungan kawatnya rapat dan menggunakan kawat yang cukup tebal.
2. Cari MOSFET power (kalau gak tau mosfet power itu yang mana, biasanya terdapat /dijepit di dekat2 bagian toroid dan biasanya bentuknya berbeda dari mosfet untuk ampli itu sendiri) yang jumlahnya mayan banyak (lebih dari 2 Mosfet per channel)
3. Untuk Kapasitor Elko juga cari kalau bisa yang berkualitas cukup baik dan rapi
4. Resistor feedback yang tidak "murahan"
5. Bagian Preamp dan Crossover menggunakan kapasitor2 yang baik kualitasnya.

6. Pilih ampli yang sesuai dengan kebutuhan anda. Misalnya anda hanya butuh untuk mendengarkan musik sehari-hari dan tidak terlalu konsen dengan atribut-atribut seperti clarity, power, dsb.
7. Ingatlah bahwa car audio itu merupakan suatu kesatuan. Ampli yang dipakai karakternya akan terbawa oleh speaker.
8. Trust your Parents, Trust your Friend, Trust your Installer, tetapi jangan melebihi Trust anda terhadap diri sendiri. kalau memang sistem anda tidak bersuara seperti yang anda harapkan, komplain lah ke tukang settingnya.
9. Ingat apa yang anda butuhkan, bukan apa yang anda inginkan dan kombinasikan dengan budget yang anda miliki.

Lihat Juga Cara Memanasi Mesin Mobil yang Benar

Demikian Tips Memilih Audio Mobil Speaker dan Power Amplifier semoga bsia bermanfaat bagi anda. Salam oto

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Memilih Audio Mobil Speaker dan Power Amplifier

0 komentar:

Poskan Komentar