Mengapa Knalpot Mobil Keluar Air? Inilah Penyebabnya

Apa saja Penyebab Knalpot Mobil Keluar Air? Apakah anda merupakan salah satu yang mengalamai penyebab ini? mobil sering keluar air pada bagian knalpot saat mesin dingin atau terutama di pagi hari? Atau yang lebih parah knalpot berasap dan berair. Saat kita memanaskan mesin mobil , terkadang muncul air yang menetes dari ujung knalpot. Meskipun kadang rasa was-was menyeruak di hati, tentunya pemilik mobil bertanya-tanya apakah kondisi tersebut aman atau tidak bagi mobil mereka. Tapi jangan panik, jangan khawatir ketika mengalami hal ini.

Knalpot mobil keluar air ada beberapa penyebab baik itu merupakan hal normal atau adanya ketidak normalan. Mengapa dikatakan normal? Untuk itu kita perlu mengetahui mengapa ada air keluar dari knalpot? Berikut analisa yang memungkinkan terjadinya knalpot mobil menetes air.

Penyebab Knalpot Mobil Keluar air

Knalpot Mobil Keluar air

Sekedar pengetahuan, namun perlu diketahui bahwa air yang keluar dari knalpot pada pagi hari bukanlah satu hal yang berbahaya. Air yang keluar dari knalpot disebabkan oleh proses kimia. Begini penjelasannya :
  • Bahan bakar atau bensin yang digunakan pada mobil dalam bahasa kimia disebut C8H18. Saat sirkulasi kerja bahan bakar untuk menyalakan mobil membutuhkan oksigen (O2), akan menghasilkan pembakaran sempurna yang akhirnya akan menghasilkan karbondioksida (cO2) dan air (H2O).
  • Nah ketika pembakaran sempurna terjadi nanti air akan terlihat pada ujung knalpot, terutama saat posisi mesin idle(diam tapi menyala, misalnya saat dipanaskan). 
  • Selain dari proses pembakaran tadi, air juga bisa diakibatkan oleh embun di dalam knalpot. Embun ini akan keluar karena adanya dorongan gas dari knalpot.
  • Ketika temperatur naik, air ini akan menguap sehingga tidak ada lagi air keluar dari knalpot.

Nah ketika musim dingin atau area sekitar memiliki suhu yang, air menetes dari knalpot akan sering terjadi. Hal ini karena suhu di luar atau suhu sekitar mempengaruhi kadar air yang muncul. Daerah yang beriklim tropis apalagi saat musim hujan, potensi terlihatnya air menetes dari knalpot semakin besar.

Air yang dihasilkan dari proses pembakaran tadi sebagian tidak akan menguap karena temperatur dingin, namun tetap menjadi butiran air yang keluar dari knalpot. Sehingga anda tak perlu khawatir dengan keadaan ini, hal ini justru menandakan bahwa pembakaran berlangsung dengan sempurna. Itulah penjelasan mengenai penyebab knalpot mobil yang mengeluarkan air.

Namun juga perlu diingat, selain tidak perlu panik, agar tidak terjadi kerusakan atau ketidaknormalan, kita harus melakukan perawatan yang baik salah satunya memanaskan mobil dengan baik. Untuk memanaskan mobil atau starter mobil di pagi hari agar tidak melakukan kesalahan yang mengakibatkan mempercepatnya kerusakan, anda bisa membacanya pada Cara Memanaskan Mobil dengan Baik.

Nah, sekilas penjelasan kenapa knalpot mobil keluar air. Semoga dengan penjelasan ini anda tak lagi khawatir mengenai air yang keluar atau menetes dari knalpot mobil anda. Tetapi perlu diingat juga jika kadar airnya berlebihan perlu juga dilakukan pengecekan. Kadar air yang berlebihan bisa diakibatkan adanya kebocoran radiator atau masalah lain.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Mengapa Knalpot Mobil Keluar Air? Inilah Penyebabnya

2 komentar: