Service Motor : Cara Membersihkan Karburator Motor Sendiri

Bagaimana Cara Membersihkan Karburator Motor? Motor tak ubahnya sebuah tubuh yang terdiri dari berbagai bagian yang saling berhubungan. Dan karburator bisa diibaratkan sebuah jantung dalam tubuh yang memiliki peran sangat penting dalam motor. Untuk itu kebersihan dalam karburator harus selalu diperhatikan. lalu bagaimana cara membersihkan karburator?

Untuk membersihkan karburator sebenarnya bsia dilakukan sendiri di rumah tanpa perlu harus ke bengkel. Setidaknya jika anda membersihkan sendiri dan menemukan kerusakan dan harus ke bengkel, anda sudah tahu bagian mana kerusakannya, ini akan meminimalis biaya yang dikeluarkan. Nah kali ini kita akan membahas mengenai cara membersihkan karburator pada Motor. Berikut caranya:

Cara Membersihkan Karburator Motor

Cara Membersihkan Karburator Motor


Berikut cara membersihkan karburator:

1. Kita anggap anda sudah bisa membongkar karburator atau melepasnya. Langkah Pertama, bersihkan filter udara atau penampung debu dengan melepas filter udara di atas karburator. Setelah itu lepas busa filter dan bersihkan dengan cairan pembersih. Jangan dibersihkan dengan cara disemprot udara bertekanan tinggi karena dapat menyebabkan rusaknya pori-pori busa pada filter.

2. Setelah itu lepas baut pengikat, tutup karburator, katup cuk (choke) dan keran bensin. Pergunakan kunci yang pas agar baut tetap awet. Lepas semua komponen-komponen pada karburator dengan hati-hati lalu tempatkan dalam wadah yang berisi cairan pembersih. Cairan pembersih yang digunakan biasanya menggunakan bensin atau pertamax.

3. Lepas juga mangkok karburator, pelampung dan jarum pelampung, main jet, pilot jet dan yang lainnya. Perlakukan beberapa part yang kecil-kecil ini dengan hati-hati. Tempatkan di tempat yang berbeda dengan komponen lainnya agar lebih mudah dalam emmasangnya nanti.

4. Bila komponnen pada karburator sudah terlepas semua, giliran membersihkan rumah karburatornya dengan kuas dan semprot bagian lubang-lubang dengan kompresor. jika diperlukan, gunakan juga amplas halus untuk membersihkan kotoran pada spuyer-spuyer untuk kerak yang membandel. Tetapi hati-hati agar diameter spuyer tidak terkikis banyak.

5. Setelah bersih, pasang kembali spuyer-spuyer tersebut. Gunakan obeng spuyer dan pengecangannya jangan terlalu keras, cukup gunakan dua jari pada ujung obeng.

6. Sebelum memasang semua komponen, atur dahulu tinggi pelampung dengan menggunakan jangka sorong (vernier calyper) atau stighmat agar tidak terjadi kesalahan.

7. Pasang semua komponen yang dilepas tadi, rakit kembali hingga sempurna.

8. Setelah itu, setel kondisi langsam motor pada keadaan mesin hidup. Stel spuyer angin-angin dengan cara memutar searah jarum jam hingga mentok lalu putar balik beberapa putaran sesuai dengan standar mesin atau kondisi mesin motor anda.

9. Setel juga baut penyetel langsam yang terletak di pinggir badan karburator. Setel pada keadaan panas mesin yang ideal. Setelan putaran mesin jangan terlalu rendah atau pelan karena akan membuat oli tidak dapat naik karena tidak terpompa akibat rendahnya putaran mesin.





Nah, mudah kan membersihkan karburator motor sendiri? demikian tips dan cara  Membersihkan karbu motor. Semoga cara diatas bisa memberikan pencerahan bagi anda yang ingin mencoba membongkar komponen kaburator. Salam.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Service Motor : Cara Membersihkan Karburator Motor Sendiri

0 komentar:

Poskan Komentar